Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi Pencapaian

Visi

Menjadikan program studi yang menghasilkan tenaga professional unggul di bidang Akuntansi Keuangan, Perpajakan, dan Akuntansi pemerintahan di tingkat Lokal, Nasional, maupun Internasional

Misi

  1. Membentuk civitas Akademika yang berintegritas tinggi yang profesional dan melaksanakan kegiatan pembelajaran yang berkualitas di bidang Akuntansi;
  2. Menyelenggarakan pendidikan Akuntansi yang berkualitas sesuai dengan perkembangan dunia bisnis dalam upaya meningkatkan daya saing output;
  3. Mengimplementasikan ilmu akuntansi melalui penelitian dan pengabdian pada masyarakat sebagai wujud tanggungjawab sosial institusi;
  4. Menyelenggarakan kerjasama yang berintegritas dengan berbagai institusi;
  5. Pengelolaan program studi dilaksanakan secara transparan; dan
  6. Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas moral, berdaya saing dan memiliki jiwa kewirausahaan

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang Akuntansi Keuangan, Perpajakan, dan Akuntansi pemerintahan;
  2. Mengembangkan IPTEKS melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  3. Meningkatkan kualitas pembelajaran dibidang Akuntansi Keuangan, Perpajakan, dan Akuntansi pemerintahan; dan
  4. Menghasilkan lulusan tepat waktu yang memilki jiwa berwirausaha

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran yang diharapkanakandicapaioleh Program StudiAkuntansi  UPG 1945 NTT Tahun 2020 adalah :

a.  Menghasilkan  Mahasiswa yang berkualitas dengan  Indeks Prestasi Semester ( IPs ) minimal 2,76

b.  Mengefektifkan proses danmetodepembelajaran dari setiap dosen pada Program Studi Akuntansi

c.   Mahasiswa dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan cepat mendapatkan pekerjaan yang sesuai serta memiliki jiwa kewirausahaan, kreatif, berintegritas serta bermoral

d.  Pengembangan sarana dan prasarana guna menunjang kegiatan akademik

e.  Pengembangan kualitas pelayanan adminstrasi yang responsif dari bagian kepegawaian

f.   Menciptakan suasana akademik yang kondusif

g.  Meningkatkanjaringan kerjasama dengan lembaga terkait

 

Untuk Dosen :

1. Mengembangkan kompetensi dosen dengan memberikan kesempatan kepada dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang  S2 dan S3.

2. Memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang menunjang proses pembelajaran.

3. Memberikan kesempatan kepada para dosen untuk mengikuti kegiatan ilmiah seperti seminar, lokakarya dan penelitian serta pengabdian kepada masyarakat.

4. Menyediakan sarana dan prasarana yang menunjang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

5. Meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi dengan mengarahkan dosen untuk meningkatkan jabatan akademik dan kepangkatandosen.

6. Meningkatkanjumlahdosenbersertifikasi

 

Untuk Mahasiswa dan Lulusan :

1. Mengikutsertakan mahasiswa dalam  kegiatan ilmiah di Program Studi  dan di luar Program Studi.

2. Memberikan pelayanan akademis yang memadai dan terpadu kepada mahasiswa.

3. Menjalin kerjasama dengan  perusahaan swasta dan  instansi pemerintah  untuk melakukan  pengenalan dunia kerja dan praktek kerja lapangan selama 3 bulan bagi mahasiswa.

4. Menyediakan fasilitas  sarana dan  prasarana yang memadai bagi mahasiswa

5. IPK lulusan rata-rata ≥ 3,00

6. Lama studi rata-rata 4 tahun

7. Waktu tunggu memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bidang keahlian Akuntansi rata-rata ≤ 6 bulan

8. Menguasai keahlian komputerisasi dan teknologi informasi

9. Memiliki integritas, komitmen, danetika .

10. Memiliki kemampuan untuk berusaha.

 

Strategi yang diterapkan untuk mencapai sasaran tersebut adalah:

Pengembangan Dosen :

1.  Memfasilitasi peningkatan jabatan fungsional dosen dan sertifikasi dosen

2.  Memfasilitasi studi lanjut S2 dan S3 bagi  dosen

3.  Mengikutkan dosen dalam forum ilmiah dan pelatihan sesuai bidang keahlian

4.  Memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat

5.  Memfasilitasi kegiatan publikasi ilmiah

6.  Melengkapi saranadan prasarana akademik dosen

7.  Membangun komitmen dosen untuk meningkatkan kinerja Program Studi akuntansi

 

Pengembangan mahasiswa dan lulusan :

1. Merancang kurikulum yang relevan dengan perkembangan/tuntutanduniakerja

2. Melaksanakan system pembelajaran yang menghasilkan lulusan yang berkompeten di bidang akuntansi

3. Membangun suasana akademik yang kondusif, meningkatkan semangat belajar mahasiswa dan melaksanakan kegiatan yang terintegrasi dengan kegiatan kurikuler dan non kurikuler

4. Meningkatkan pelatihan di bidang kegiatan dalam bidang akuntansi

5. Memfasilitasi kegiatan non kurikuler seperti, pengembangan diri, kuliah dosen tamu, dan diskusi ilmiah.

6. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat bersama dosen

7. Memfasilitasi pengembangan minat dan bakat melalui kegiatan intra dan ekstrakurikuler bekerjasama dengan HIMA dan Himpunan Alumni Program Studi Akuntansi

8. Memfasilitasi informasi peluang usaha dan lowongan kerja kepada lulusan melalui Alumni

 

Sarana dan prasarana :

1. Pemeliharaan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran

2. Pemanfaatan sarana dan prasarana secara optimal

 

Kerjasama dan kemitraan dengan pihak eksternal dan alumni :

1. Kerjasama dengan perusahaan dan institusi berkaitan dengan bidang Akuntansi seperti BLUD SPAM Provinsi Nusa Tenggara Timur, BPK Perwakilan NTT,  Bank Indonesia Perwakilan Kupang, koperasi, instansi pemerintahan, dan UKM.

2. Menjalin kerjasama dengan alumni dan pengguna dalam revisi kurikulum.

Strategi pencapaian yang dilakukan adalah dengan menyampaikan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi UPG 1945 NTT Kupang pada semua mahasiswa Program Studi Akuntansi diantaranya memajang visi, misi, tujuan dan sasaran Program StudiAkuntansi  di ruang Program Studi sehingga mudah dilihat oleh mahasiswa dan menjadi pedoman dalam semua kegiatan akademik,selanjutnya mensosialisasikannya kepada dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan.

Ketua Program Studi : Ariyon Steven Ndun, SE., MM

Dosen Program Studi :

  1. Dr. Made Susilawati, SE., MM
  2. Dwi Dersmi Selan, SE., MM
  3. Aplonia Atto, SE., MM
  4. Cernan Liu, SE., MM