Sambutan Ketua BPH PB PGRI

Syalom, Assalamualaikum, Om swastiastu, Namo buddhaya, Salve, Rahayu, Salam Sejahtera.

Universitas Persatuan Guru 1945 Nusa Tenggara Timur atau yang disingkat UPG 1945 NTT merupakan Kristalisasi perjuangan masyarakat dan warga PGRI di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang lahir sejak 31 Mei 2017. Jauh sebelum itu sesungguhnya cikal bakal UPG 1945 NTT tidak terlepas dari Universitas PGRI NTT yang berdiri sejak tahun 1996. Melalui penetapan pola ilmiah pokok UPG 1945 NTT menetapkan pembangunan pertanian berbasis ekositem kepulauan dan reaktualisasi kearifan lokal. Semua pengembangan ipteks dari masing-masing program studi diarahkan pada pola ilmiah pokok tersebut menjadi sesuatu keunggulan dan ciri khas bagi lembaga ini. UPG 1945 NTT saat ini terdiri atas lima Fakultas dan 11 program studi S1 akan tetapi saat ini juga sedang berjalan untuk segera pembukaan Prodi baru yang terdiri dari 5 Prodi S1 dan 1 Prodi S2 setelah mendapatkan ijin/rekomendasi dari LLDIKTI XV.  

Sejak lahirnya UPG 1945 NTT pada tahun 2017, maka semua pihak baik Pengurus Besar PGRI, BPH PB PGRI dan Rektor bersama semua sivitas akademika bertekad untuk terus memperbaiki diri dan meningkatkan baik kualitas dan kuantitas semua layanan baik itu yang bersifat akademik maupun non akademik. Pasca mengalami persoalan internal yang terjadi dengan berbagai kekurangan dan kelemahan tapi karena begitu kuatnya tekad yang dilandasi semangat kebersamaan dan gotong royong serta motivasi dari semua pihak, maka UPG 1945 NTT telah memperoleh capaian luar biasa  yang mungkin oleh sebagian besar pihak memandang ini sebagai sesuatu yang mustahil. Bagaimana tidak, setelah bertahun-tahun mengalami persoalan, justru dalam waktu yang relatif singkat UPG 1945 NTT berhasil memperbaiki sistem tata kelola Perguruan tinggi yang baik dan memenuhi standar mutu melalui akreditasi seluruh program studi yang meningkat dari sebelumnya berakreditasi C menjadi terakreditas B. Akreditasi Perguran Tinggi yang sekian waktu lalu belum terakreditasi, saat ini telah terakreditasi Baik pada Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Upaya perbaikan terus dilakukan oleh UPG 1945 NTT untuk mengembalikan kejayaan yang pernah dicapai lembaga ini. Layanan bagi kesejahteraan mahasiswa juga menjadi prioritas dan sekaligus menjadi keunggulan kampus ini dibandingkan dengan kampus yang lainnya. Program-program yang pro mahasiswa seperti Jamkesmawa dan Gong prestasi menjadi pembeda bagi kampus ini dengan yang lainnya.  Kampus ini juga memperhatikan terkait perubahan dunia global saat ini dan untuk menghadapi dunia yang terus berkembang. Kini kita memasuki era di mana semua hal berubah serba cepat, termasuk perubahan serba cepat di dunia kerja yang dikenal sebagai Revolusi Industri 4.0. bahkan tidak lama lagi memasuki era Socety 5.0. UPG 1945 NTT segera mempersiapkan diri sekaligus menyesuaikan diri pada situasi disrupsi ini baik itu mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan lulusan nantinya.

Sebagai Ketua BPH PB PGRI, kami berharap website ini dapat memberikan panduan sekaligus gambaran umum bagi masyarakat, sivitas akademika, stakeholder terkhusus calon mahasiswa yang sedang dalam tahap pencarian tempat belajar. Sebagai wujud “Change We Can Believe”, maka Berdasarkan program-program unggulan kampus ini dan capaian kampus ini serta suasana dan iklim belajar yang sangat fleksibel sungguh akan membuat kita semua akan nyaman dan fokus dalam membangun cita-cita dan menggapai masa depan yang gilang gemilang. UPG 45 NTT Jaya, NTT Sejahtera.

 

KETUA BPH PB PGRI

 

Dr. SEMUEL HANING, SH., MH