Program Studi Pendidikan Sejarah

VISI :

Menjadikan Program Studi Pendidikan Sejarah sebagai Lembaga Pengembangan Pendidikan dan pembelajaran sejarah yang unggul dalam pembelrdayaan potensi lokal Provinsi Nusa Tenggara Timur dan nasional serta menghasilkan tenaga pendidik yang profesional, adaptif, kreatif, inovatif dan mandiri pada tahun 2022.

 

Misi :

  1. Menyelenggarakan program kegiatan pendidikan dan pengajaran sejarah yang berorientasi pada perkembangan IPTEK, untuk menghasilkan lulusan yang profesional, adaptif, kreatif, inovatif dan mandiri sesuai dengan perkembangan global.
  2. Menyelenggarakan program kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan sejarah yang menghasilkan gagsan atau ide yang inovatif.
  3. Menyelenggarakan program kegiatan pengabdian kepada masyarakat, terutama untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan pengembangan, dengan program yang dapat diselenggarakan secara mandiri dan terpadu dengan program kegiatan pendidikan dan pengajaran sejarah dan budaya.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

 

Tujuan :

  1. Menghasilkan guru sejarah yang memeiliki kompetensi profesional, pedagogic, kepribadian dan kompetensi sosila dibidang pendidikan sejarah.
  2. Meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran (mahasiswa maupun dosen) dibidang pendidikan sejarah dengan memanfaatkan berbagai potensi sehingga mampu bersaing dalam pasar kerja.
  3. Menghasilkan guru sejarah yang mampu melakukan penelitian dan IPTEK.
  4. Menghasilkan tenaga guru sejarah yang mampu berpikir kreatif dan inovatif.               

 

Keunggulan :

  1. Memiliki nilai integritas, keadilan, komitmen, disiplin, motivasi dan religi yang selama ini melekat dari awal mula adanya program studi pendidikan sejarah.
  2. Memiliki program yang mendorong tumbuhnya sarjana pendidikan yang mandiri melalui bernagai kegiatan magang, sehingga mahasiswa mampu membuka lapangan kerja secara mandiri.
  3. Mendapat kepercayaan dari banyak instansi baik kementrian, pemda, dan lembaga lain, dalam penyediaan SDM dalam bentuk dukungan beasiswa atau pembiayaan fasilitas kerja, terkait dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  4. Keberagaman latar belakang dan budaya merupakan kekayaan wawasan bagi sivitas akademika prodi, sebagai harmoni budaya untuk peningkatan kemampuan soft skill mahasiswa dalam pergaulan lintas budaya.   

a.  Seluruh dosennya sudah berpendidikan sekurang-kurangnya magister.

b. Dukungan sarana dan prasarana yang memadai bagi kegiatan PBM.

c. Tersedianya beberapa unit kegiatan mahasiswa sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan hobi mahasiswa..

Prospek Karier :

Hasil pelacakan terhadap alumni menunjukkan bahwa alumni yang bekerja sebagai guru kontrak daerah dan provinsi 45%, bergerak dalam bidang kewirausahaan sebesar 7%, dan bekerja dilingkungan swasta 20%, dosen 5%, PNS dilingkungan pendidikan 20?n lainnya sebesar 3%.

Capaian Prestasi :

Beragam prestasi dan hibah kompetisi juga berhasil dimenangkan oleh sivitas akademika Universitas Persatuan Guru 1945 NTT pada program studi pendidikan sejarah, Semua torehan tersebut tentu tidak terlepas dari kerja keras dan kerja cerdas seluruh sivitas program studi Pendidikan Sejarah. Hal ini merupakan wujud nyata komitmen semua sivitas dalam bekerja dengan dengan kebersamaan untuk mewujudkan visi Program Studi Pendidikan Sejarah. Peringkat dan penghargaan bukan merupakan tujuan utama bagi Universitas/Program Studi, tetapi yang terpenting adalah bagaimana proses yang dilalui untuk selalu meningkatkan kualitas mutu kinerja bersama.

 

 

Ketua Program Studi : Omiano Sabu, S.Pd., M.Pd

Nama-nama dosen :

  1. Temy M. E. Ingunau, S.Pd., MM
  2. Melki O. Lalay, S.Pd., M.Pd
  3. Diana Rohi, S.Pd., M.Pd
  4. Maria L. Long, S.Pd., M.Pd
  5. Oktoviana D. Meluk, S.Pd., M.Pd
  6. Moses Kollo, S.Pd., M.Pd
  7. Jeff W. Mesah, M.A